Technological Perfection "The Destruction of The Earth Whole"

Posted by Nur Azizah on 22:20 with 3 comments

Teknologi telah menjadi “Tuan” yang memperbudak “Raja‟, bahkan “Dewa” yang menuntut pengorbanan dari manusia.

Harus diakui bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan pencapaian tertinggi dalam kehidupan manusia, dan  penerapannya dapat memberi banyak manfaat bagi seseorang untuk peningkatan kualitas hidup dan meringankan beban hidup. Kemajuan Teknologi yang berkembang pesat sepanjang waktu diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Perkembangan teknologi informasi memang sangat menentukan masa depan anak bangsa, apalagi sekarang ini zaman globalisasi.

Namun apa jadinya jika teknologi menguasai dunia, segala pekerjaan manusia diambil alih oleh robot, manusia hanya akan menjadi otak dari komputer dan robot yang mengerjakan segalanya. Peristiwa seperti itu mustahil untuk tidak terjadi di masa sekarang ini.Penciptaan robot layaknya manusia dan megerjakan pekerjaan manusia sudah ada di beberapa negara maju yang teknologinya berkembang sangat pesat seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Teknologi informasi dan kehidupan masyarakat akan menjadi erat hubungannya dengan adanya media informasi, di era informasi mengakibatkan ketergantungan pada sumber energi, sumber pangan, dan sumber strategis lainnya. Dari berbagai masalah yang timbul akibat internet dan teknologi, teknologi juga memiliki manfaat yang banyak mulai dari mempermudah komunikasi, menambah wawasan, dll.

Untuk masa sekarang dan yang akan datang dampak negatif dan positif teknologi bergantung pada individual masing-masing pengguna. Teknologi bisa saja menjadikan penggunanya sebagai budak karna mampu mengambil waktu yang dimiliki seseorang, walaupun manusialah yang menciptakan teknologi. Semoga teknologi sempurna tidak menjadikan kehancuran untuk bumi yang sempurna ini. (wassalam)

Categories: